Puncak Jayapura City,  Menikmati Keindahan Jayapura Dari Atas Bukit

Puncak Jayapura City, Menikmati Keindahan Jayapura Dari Atas Bukit

Setelah pada kesempatan sebelumnya saya bercerita tentang Pantai Base G. Kali ini saya akan membahas salah satu tempat wisata di Jayapura lainnya yaitu Puncak Jayapura City. Mungkin sebelum bercerita tentang Puncak Jayapura City saya akan menceritakan kenapa akhir akhir ini saya membahas tentang Papua khususnya Kota Jayapura.

Begini Ceritanya, setelah sempat tugas di Jakarta selama setahun, akhirnya saya pindah tugas ke salah satu kota di ujung timur Indonesia yaitu kota Jayapura. Kondisinya adalah antara sedih dan senang berada di ujung timur Indonesia, sedihnya yaitu jarak yang begitu jauh dari kampung halaman ditambah tiket pesawat yang sangat-sangat mahal dimulai dari akhir tahun 2018 sampai saat saya menulis ini pada bulan Januari 2020 tiket pesawat masih nggak mau turun.

Setiap liat Traveloka atau tiket.com selalu bikin ngelus dada. Terakhir cek tiket dari Jayapura ke Jogja hampir menyentuh 4 Juta, apalagi saya dengan istri bisa tembus 8 juta untuk sekali jalan. Haduuh, Mohon maaf saya jadi sedikit curhat.

Senangnya adalah di tanah Papua kalian tidak perlu lagi meragukan keindahan alamnya, saya yang terbiasa hidup di Jawa, melihat kampung nelayan yang bersih saja kagum rasanya, kampung nelayan hamadi namanya nanti akan saya ceritakan di kesempatan berikutnya. Di Jayapura ini kalian seakan liburan setiap hari, karena pemandangannya cantik sekali disetiap sudut kotanya.

Tempat wisata di Kota Jayapura cukup banyak, tapi untuk kali ini saya akan bahas tempat wisata yang bernama Jayapura City. Salah satu tempat wisata murah, dekat dari pusat kota dan punya pemandangan yang sangat keren.

Dari atas Puncak kalian bisa melihat kegiatan di pelabuhan Port Numbay atau pelabuhan Kota Jayapura, di atas juga dapat melihat seluruh kota Jayapura dan samudra biru yang luas. Jika beruntung kita bisa mendapatkan melihat kapal bersandar yang sedang membokar muatan.

Harga tiket masuk ke Puncak Jayapura City ini gratis kalau belum berubah, terakhir saya ke sana saya hanya dimintai biaya parkir kendaraan saja.

Lokasi Jayapura City

Aksesnya sih tidak terlalu susah, tapi memang tidak ada penunjuk jalan yang jelas untuk menuntun kalian ke puncak. Jika dari kota, kalian biasa menuju area kawasan Polimak, ikuti terus jalan tersebut sampai bertemu IDX Jayapura, kalian lurus sedikit sampai bertemu pertigaan sebelum Saga Polimak Kalian belok kiri, selanjutnya tinggal ikuti jalan tersebut saja kalian akan sampai di puncak Jayapura City. Tapi jika kamu bingung bisa ikuti peta di bawah ini saja.

Pada saat mengunjungi tempat ini saya sempat melihat segerombolan anak kecil asli Papua yang sedang bermain di sekitar sini. Saya merasa sedikit iri dengan mereka yang setiap harinya melihat pemandangan seindah ini. Doa saya adalah semoga keindahan Papua ini tetap lestari sepanjang masa.

Saya sudah sangat jatuh hati dengan pemandangan alam di Papua ini. saya doakan untuk kalian yang membaca tulisan ini diberi kesempatan untuk melihat keindahannya juga.

Sekian dulu, Salam Hangat

Ir.

Back to Top