Pantai Base G Jayapura, Tentang Senja dan Ikan Bakar

Pantai Base G Jayapura, Tentang Senja dan Ikan Bakar

Selamat datang di blog Panorlens, tulisan pertama di tahun 2020 ini dimulai dari cerita perjalanan mengunjungi Pantai Base G Jayapura. Ngomong-ngomong sudah lama juga rasanya saya tidak mengunggah tulisan di Blog ini, terakhir yang saya tulis adalah tentang perjalanan ke Gunung Bromo pada tahun 2017. Semoga di tahun 2020 ini saya jadi Istiqomah untuk rajin menulis kembali. Untuk mengawali memulai membahas Pantai Base G Jayapura ini saya mulai dari sejarahnya ya.

Sejarah Pantai Base G

Mungkin bagi warga Papua khususnya warga Kota Jayapura mungkin sudah sering mendengar soal sejarah nama Base G ini. Bisa dibilang nama tersebut merupakan salah satu sejarah yang cukup penting dalam Perang Dunia Ke-2, Nama Pantai Base G ini diambil dari kode sandi yang diberikan oleh pasukan sekutu pada saat Perang Dunia Ke-2 untuk daerah Kota Jayapura.

kembali ke cerita saya mengunjungi Pantai Base G ini. Sebenarnya saya mengunjungi Pantai ini mungkin sudah pertengahan tahun 2019 kemarin, meskipun baru saya tulis dan post di tahun 2020, tapi saya merasa cerita ini mungkin masih bisa dijadikan referensi bagi kalian yang sedang mengunjungi kota Jayapura atau bagi kalian yang sekarang baru tinggal di Jayapura .

Saat itu saya bersama beberapa kawan menjadwalkan untuk mengunjungi pantai Base G ini dengan agenda bakar-bakar ikan tuna di pinggir pantai. Seingat saya, saat itu sedang ada libur Papua, tapi saya tidak terlalu ingat hari libur apa. Sekedar Informasi juga bahwa di Papua mempunyai banyak sekali hari libur, jadi kamu akan punya banyak waktu untuk menikmati keindahan tanah Papua ini.

Pantai Base G saat sedikit surut

Pada sekitar Pukul 15.00 WIT saya dan rombongan tiba di Pantai Base G. Pasir putih yang terhampar, langit biru dan air laut yang jernih langsung menyambut kami. Seperti foto di atas, saat saya mengunjungi Pantai Base G ini kebetulan sedang surut, jadi kami bisa lumayan jalan-jalan jauh sedikit dari pasir pantai.

Untuk bakar-bakar ikan di pantai Base G ini kami sudah menyiapkan ikan-ikan segar yang dibeli langsung di pasar ikan Hamadi Jayapura. Di dekat pasar terdapat perkampungan nelayan yang lumayan hits akhir-akhir ini di Jayapura yaitu Kampung Nelayan Hamadi. Untuk tempat panggangannya kalian tidak usah capek-capek bawa dari rumah karena sudah disediakan oleh pemilik saung-saung di pinggir pantai.

Enaknya membeli ikan di Pasar Hamadi, kalian bisa meminta kepada penjualnya untuk dipotong sekalian untuk dibakar. Sekedar tips untuk bakar ikan laut agar tidak bau amis, orang Jayapura seringnya merendam daging ikan dengan perasan jeruk terlebih dahulu sebelum dibakar, perendaman dengan jeruk tadi sangat sukses menghilangkan bau amis dari ikan saat di makan.

Lokasi Pantai Base G Jayapura

Sebenarnya lokasi pantai ini tidak terlalu jauh dari tempat domisili saya di Kota Jayapura yang terletak di daerah Angkasa Kota Jayapura. Jika kamu orang Jayapura atau pernah tinggal pasti tau.

Pantai Base G ini terletak di daerah Jayapura Utara, kota Jayapura, tepatnya di kawasan Tanjung Ria. Dari kota, kalian tinggal ikuti jalan Tanjung Ria saja sampai menemukan SPN Jayapura kemudian ambil gang ke kanan lalu ikuti jalan tersebut dan kalian akan menemukan pintu masuk Pantai. Waktu tempuh dari kota Jayapura juga relatif singkat mungkin sekitar 10 menit kalian sudah sampai di pantai ini. untuk lebih jelasnya kalian bisa ikuti peta di bawah ini :

Akhir Cerita, menurut saya tidak ada yang menandingi dari nikmatnya menyantap daging ikan tuna bakar dengan olesan saus balado di pinggir pantai Base G Jayapura di waktu senja, ditambah dengan suara ombak dan semilir angin menjadikan perpaduan yang sempurna.

Jika di tempat lain orang lebih sering meminum secangkir kopi dan menikmati senja. Kalau saya di Papua akan lebih berbahagia dengan menyantap ikan bakar di pinggir pantai sambil menikmati senja.
Serius, Sa tra tipu ko.

Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa lagi di cerita berikutnya.
Salam hangat.

Ir

Back to Top